Bali for the world or Kehancuran Bali


gambar Pulau Bali/ Bali Map Pics

Bali …… Bicara masalah Bali tidak akan ada habisnya. Pulau bali adalah salah satu tujuan wisata dunia. apa yang tidak ada di bali, dan ngapain aja orang-orang pergi ke bali, apakah semua punya tujuan baik hanya sekedar pergi melancong saja??. tentu tidak. “Dimana ada gula disitu ada semut” begitulah ungkapan lama yang pantas untuk bali.

Bali island

Kini Orang-orang bali hanya sebagian kecil yang dapat menikmati hasil tanah kelahirannya, suatu contoh kecil saja, “ada turis Taiwan datang ke bali, begitu mereka booking tiket yang ambil perusahaan dari taiwan, travel agentnya juga taiwan, nginap di Villa Punya orang taiwan, lalu bepergian dengan mobil travel punya taiwan, makannya di restourant taiwan, guide nya orang taiwan, mereka ngomong budaya dan sebagainya tentang bali, lau si toris taiwan tadi sakit perut pengen buang air kecil trus BAB juga + mandi lalu dia sudah selesai berlibur di bali kembali ke negaranya”. lalu apa yg dapat kita petik dari cerita tadi???.. Bumi pertiwi bali hanya dapat KOTORAN saja. walau implementasinya mereka bayar pajak di bali tapi…. itu kalau murni peenghasilan pajaknya. tapai kalu mereka juga main dengan petugas pajak…. apa kata dunia…. he he itu sekilas saja kok. “Bali ku kini sudah kacaua” kata orang-orang yang dulu pernah merantau kenegeri seberang dan kini kembali lagi ke tanah kelahirannya.lanjutnya lagi “sepertinya tak ada yang peduli lagi dengan bali yang kita cintai.. mereka semua sibuk dengan perut mereka sendiri. Lihat saja mereka membuang sampah di sungai tanpa merasa bersalah, mereka menebangi hutan-hutan lindung lalu membuat mejnadi pemukiman baru, mereka membanguni sawah denngan beton-beton yang tinggi menjulang mencakar langit, mereka membuat villa-villa di atas pura pemujaan Tuhan pencipta alam semesta. Mereka mulai hancurkan lingkungannya sendiri, mereka telah hancurkan generasi penerusnya dengan ketamakan, keserakahan dan kesombongan, mereka mulai memusuhi saudaranya sendiri dan lebih nyaman dengan orang lain yang mulai merongrongnya, mereka bangga akan sanjungan, mereka asyik dengan kekayaannya sendiri” benarkah itu??? tanya aja kepada rumput di trotoar.

About balikukini

Saya hanya ingin mencoba mengungkapkan keprihatinan dan kesedihan saya karena melihat Lingkungan alam bali saat ini begitu memprihatinkan. Mungkin ada yang bisa memberikan saran, kritik atau mau menyumbangkan kontribusi berupa artikel, gambar, maupun anekdot mengenai Lingkungan bali maupun kehidupan sehari hari anak muda, lansia ataupun apa saja tentang bali. Mari kita bersama berkarya untuk bali. trimakasih

Posted on November 11, 2007, in bali, budaya bali and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. kenapa saling menyalahkan? kalo memang kita semua peduli lebih baik bertindak sekarang daripada hanya koar2 tanpa hasil apa2. coba lihat rumah mu…apa kamu tidak punya almari es? jawab yang jujur. aku sendiri setelah mengetahui global warning sudah me nonaktifkan semua perabotan ku yang ada cfc nya (kulkas,ac,mesin cuci). kalo kamu emang peduli sama bali lebih baik bertindak sekarang, bukan cuma komat kamit di internet. NATO (no action talk only)

  2. I Putu Semadiyasa

    Jeg sante donk Bli…!!

  3. Yes, Bali is The most beautiful Island. Mari kita jaga kelestarian budaya Bali. Ajeg Bali

  4. Semoga masyarakat bali dapat menikmati keindahan pulau bali dan daya tarik yng dihasilkan

  5. Het is een prachtige plek … Ik zou graag daar heen te gaan ..
    Bedankt voor post …

  6. siapa yang kemudian akan menjaga ajeg Bali?…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: